Banana Foster : Oleh-oleh Kekinian Dari Lampung

BloggerMalas.ID - Ada yang tau apa itu Bananas Foster? Tenang, saya juga tadinya nggak tau kok hehe.. Jadi Ceritanya beberapa hari yang lalu saya bersama teman-teman Komunitas Blogger - "Tapis Blogger" mendapat undangan makan malam di Batiqa Hotel sembari mencicipi Lampung Banana Foster. Yang katanya adalah oleh-oleh kekinian khas Lampung besutan dari Artis Hengki Kurniawan.
Lampung Banana Foster
Lampung Banana Foster  | Foto : Blogger Malas
Nah berhubung saya nggak tau apa itu banana foster #huuuuuu.. #sorakin.. Akhirnya saya gugling dulu supaya nggak kudet-kudet amat, apalagi sampai bikin malu.. haha.. okeh!! Setelah gugling sana-sini ternyata Banana foster itu sejenis makanan penutup yang terbuat dari pisang dan es krim vanilla, biasanya disajikan bersama saus atau fla yang terbuat dari mentega, gula merah, kayu manis, dark rum, dan minuman keras yang terbuat dari pisang.

Cocok pikir saya, makan malam ala hotel kemudian ditutup dengan dessert banana foster, pasti maknyos!! tapi kok ada yang janggal, ini kan target pasarnya untuk oleh-oleh, kalau pake es krim, apa nggak meleleh??

Karena penasaran, hari itu usai menjalankan tugas kantor, saya langsung meluncur ke Batiqa hotel tanpa pulang dulu kerumah untuk istirahat atau sekedar bersih-bersih. Alhasil, saya datang paling awal. Padahal sudah pas sesuai jadwal. jadi bingung, ini saya yang kecepetan atau teman-teman lain yang molor. :p
Banana Foster Lampung belum ada yang datang
Belum ada yang datang | Foto : Blogger Malas
Panasaran saya pun terjawab begitu acara di mulai, kami langsung dipersilahkan mencicipi Lampung Banana Foster yang sudah terhidang di meja, bukan sebagai dessert seperti yang saya bayangkan sebelumnya.

Lampung Banana Foster

Lampung Banana Foster ternyata berbentuk cake yang terbuat dari pisang janten, kemudian diberi topping dan lapis isi atau filling dengan berbagai varian rasa. Karena positioningnya ditujukan untuk buah tangan, maka es krim vanilla pun di hilangkan.

Rasanya?? Enaaaaak.. cocok dimakan diberbagai kesempatan sebagai teman minum teh, kopi atau yang lainnya. Cita rasa cake pisang dengan filling berbagai varian ini, dipadu dengan tampilan yang cantik, sungguh menggugah selera. Mau tau ada rasa apa saja? akan saya sebutkan satu persatu :

1. Banana Foster Caramelized

Banana Foster Caramelized
Banana Foster Caramelized | Foto : Yopie Franz
Yaitu Banana Foster dengan perpaduan isi atau filling caramel dan pisang yang sangat lembut serta diberi toping pisang dan caramel diatasnya.

2. Banana Foster Cheese

Banana Foster Cheese
Banana Foster Cheese | Foto : Blogger Malas
Nah bagi yang suka keju pasti suka dengan Banana Foster yang satu ini. Perpaduan rasa pisang dan filling keju yang lumer dimulut, saya yakin tidak akan cukup jika dimakan hanya sepotong saja.

3. Banana Foster Nutella

Banana Foster Nutella
Banana Foster Nutella | Foto : Yopie Franz
Yang satu ini kesukaan saya, Banana Foster dengan perpaduan hazelnut dan Chocolate ini berhasil membuat saya untuk tidak segera berpaling ke piring yang lain untuk beberapa saat. Toping scramble Chocolate dan vanilla diatasnya sungguh menggugah selera.

4. Banana Foster Peanut

Banana Foster Peanut
Banana Foster Peanut | Foto : Yopie Franz
Banana Foster yang satu ini pasti jadi kesukaan bagi yang suka selai kacang. Filling peanut butternya banyak banget, tapi tidak menghilangkan rasa khas pisang dari banana foster itu sendiri.

5. Banana Foster Chocolate

Banana Foster Chocolate
Banana Foster Chocolate | Foto : Yopie Franz
Banana foster dengan filling coklat yang kental didalamnya, favorit saya nomor dua setelah banana foster nutella. coklatnya mantaap!!


Menurut pengakuan Hengki Kurniawan, ide membuat banana foster ini datang saat dirinya berwisata ke New orleans, kemudian sempat mencicipi banana foster disana. Mengingat Provinsi Lampung terkenal dengan komoditi pisang, maka Hengki pun tertantang untuk membuka bisnis oleh-oleh Banana Foster di Lampung.

Hengky Kurniawan & Tim Banana Foster Lampung
Hengki Kurniawan & Tim Banana Foster Lampung | Foto : Blogger Malas
Nah bagi teman-teman yang penasaran dengan kuliner yang satu ini, bisa langsung serbu saat peluncurannya tanggal 9 juni 2017 mendatang. Harganya ada di kisaran Rp.50 ribu per box. Untuk info lebih lanjut bisa follow akun instagramnya dialamat @bananafosterlampung, okeh!

0 comments