Tips mengatasi Klik Bom Google Adsense

Tips mengatasi Klik Bom Google Adsense - Seperti yang mungkin kebanyakan blogger ketahui, mendaftar program google adsense itu susah-susah gampang. Ada yang sekali mendaftar langsung diterima, ada juga yang sudah mendaftar puluhan kali tapi tetap di tolak.. mungkin ada hubungannya dengan tingkat kegantengan seseorang, hahaha..kidding..

Hal ini terjadi biasanya karena blogger tersebut tidak paham benar apa syarat dan ketentuan yang harus di penuhi sebelum mendaftar.

Nah karena mendaftar adsense itu susah dan banyak syarat serta ketentuannya, biasanya para blogger sangat berhati-hati dalam mengelola blog, termasuk dalam hal promosi.

Ada Banyak alasan kenapa blogger yang menggunakan program adsense cenderung merahasiakan alamat blognya, salah satunya yang menurut saya paling penting adalah alasan keamanan dari akun adsense itu sendiri.

Seperti yang baru saja terjadi pada saya pagi ini jam 6.30 wib (26/09/2016), adsense saya di salah satu blog (bukan http://www.bloggermalas.id/)  terkena click boombing. Seseorang telah dengan sengaja mengklik iklan adsense saya sebanyak 1200 kali dengan alamat IP yang sama, pada halaman yang sama dan dalam rentang waktu tertentu. Sudah pasti hal seperti ini melanggar ketentuan dan tidak di benarkan oleh google, yang ujung-ujungnya akan berdampak pada penutupan akun adsense atau Banned.



Tips mengatasi Klik Bom Google Adsense

Mendapati hal yang tidak wajar, saya pun segera melakukan langkah-langkah untuk mengatasi masalah tersebut agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. berikut langkah-langkah yang sobat blogger bisa ikuti.

1. Lepas Iklan Google Adsense

Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk mengatasi klik bom adalah dengan segera melepas iklan adsense. Namun kelemahan cara ini adalah jika si pelaku tidak reload/refresh halaman blog, maka iklan tetap tampil dan kemungkinan klik bom tetap berlanjut.

2. Menghapus Otoritas Situs Penayang Adsense

Jika sobat blogger belum mengaktifkan fitur otoritas situs di adsense, maka segera aktifkan karena fitur ini sangat bermanfaat. fitur ini bertujuan hanya memberikan otoritas penayangan iklan pada blog yang kita setujui. Jadi misalkan di blog tersebut kita curiga ada aktifitas tidak wajar seperti klik bom misalnya, maka segera cabut otoritas iklan di blog tersebut. iklan akan tetap tayang tapi setiap klik yang terjadi akan di abaikan oleh pihak google.



3. Segera Melapor Invalid Click ke Google

Jika klik bom sudah terlanjur terjadi,segeralah melaporkan hal tersebut kepada google melalui link berikut ini:

https://support.google.com/adsense/contact/invalid_clicks_contact?hl=id

isi semua kolom dalam formulir tersebut sedetail mungkin, jika sobat blogger telah mengintegrasikan google adsense dengan google analytics, maka tidak akan kesulitan untuk mengetahui halaman mana, iklan yang mana, dan pada jam berapa serangan itu terjadi.

Jika sobat telah melakukan langkah-langkah diatas, maka selebihnya biarkan google bekerja dan menginvestigasi aktivitas yang tidak wajar ini. Biasanya penghasilan dari hasil klik bom akan di anulir oleh google tanpa memberikan konfirmasi apa-apa, kecuali ada hal serius yang terjadi pada akun adsense tersebut. Demikian tips dari saya, semoga bermanfaat..

2 comments