Kumpulan Teori Motivasi

Kumpulan Teori Motivasi. - Sebelum kita berbicara soal teori motivasi, ada baiknya jika kita mengerti terlebih dahulu tentang apa itu motivasi. motivasi dapat diartikan sebagai sebuah alasan yang mendasari sebuah perbuatan yang dilakukan oleh seorang individu. dalam wikipedia disebutkan bahwa Motivasi adalah sebagai berikut :


Motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya.[1] Tiga elemen utama dalam definisi ini adalah intensitas, arah, dan ketekunan[2] Berdasarkan teori hierarki kebutuhan Abraham Maslow, teori X dan Y Douglas McGregor maupun teori motivasi kontemporer, arti motivasi adalah alasan yang mendasari sebuah perbuatan yang dilakukan oleh seorang individu

dari sini kita dapat mengambil beberapa kesimpulan bahwa Motivasi dapat diartikan sebagai kekuatan (energi) seseorang yang dapat menimbulkan tingkat persistensi dan entusiasmenya dalam melaksanakan suatu kegiatan, baik yang bersumber dari dalam diri individu itu sendiri (motivasi intrinsik) maupun dari luar individu (motivasi ekstrinsik).

Berikut ini adalah beberapa teori motivasi dan penjelasannya :

  1. Teori Motivasi Penguatan dan Modifikasi Perilaku.
  2. Teori Motivasi Clyton Alderfer (Teori ERG)
  3. Teori Motivasi McClelland (Teori Kebutuhan Berprestasi)
  4. Teori Motivasi Abraham H. Maslow (Teori Kebutuhan)
  5. Teori Motivasi Kaitan Imbalan dengan Prestasi

0 comments